Wednesday, February 20, 2013

Gara-gara heboh berita Dera di teve dan membaca beberapa diskusi di facebook saya jadi teringat uneg-uneg lama, sebenernya uneg-uneg Ummi saya juga sih.


Alhamdulillah keluarga saya termasuk yang beruntung karena dapet jaminan kesehatan dari perusahaan tempat Abah kerja. Beliau kerja di salah satu BUMN yang cukup makmur. Jadi dari zaman ibu saya melahirkan saya di RS Borromeus Bandung 24 tahun yang lalu sampai saya dewasa, saya dapet fasilitas kesehatan gratis yang lumayan. Beberapa kali saya masuk RS karena kasus ini itu, mulai dari gejala DB sampe kecelakaan. Waktu saya pakai kacamata pun ternyata itu termasuk yang dibiayai perusahaan. Saya dapet jatah 700rb unt beli kacamata per dua tahun dan 300rb untuk ganti lensa per tahun.

Pembiayaan perusahaan terhadap kesehatan saya berakhir kalau anak sudah 21 tahun atau sudah menikah. Tapi walau udah lebih dari 21 selama statusnya masih kuliah maka akan tetap dibiayai.

Singkatnya saya gak pernah ngerasain kesehatan yang katanya mahal itu. Sampai pada suatu hari saya sakit pilek lumayan lama dan mengkawatirkan. Umur saya pada saat itu 22 tahun, tapi masih kuliah. Cuma saya telat bikin surat keterangan kalau saya masih kuliah, saya pikir nakesnya gak gitu prosedural dan cukup saya bilang "saya masih kuliah" eh ternyata enggak. Ditolak deh. Jadi, walaupun saya diperbolehkan diperiksa dokter dan dikasih resep saya ga bisa ngambil obat di klinik perusahaan. Saya mesti beli obat di klinik umum.

Di klinik umum saya kasih deh resep dokter ke apoteker. Apoteknya bilang, "Wah, ini obat mahal semua" lalu saya ditanya mau nebus obat yang itu atau diganti sama yang lebih murah. Saya bilang "Yang murah aja". Waktu itu saya cemas banget, karena saya ga punya uang. Gak lama saya dikasih obat dan jumlah keseluruhan harganya hampir 200rb!! Syok dooong. Padahal kata apotekernya itu lebih murah daripada merk yang diresepkan.

Saya pun ngorek isi dompet dan tas sampe ke receh-recehnya. Untung ada uang segitu. Saya ga habis pikir, padahal saya cuman pilek (walaupun kata dokternya udah meradang ke saluran pernapasan).
Trus, kenapa saya cerita ini? Bagi saya ini masalah, bukan karena saya saat itu ga dapet obat gratis tapi karena resep yang ditulis dokternya adalah obat-obat mahal. Kebayang berapa beban perusahaan untuk pembiayaan kesehatan. Dan, ya, memang ini pernah dikeluhkan juga sama perusahaan (juga ummi).
Seandainya nih, kelak kita berhasil mewujudkan kesehatan gratis yang dibiayai negara namun cara pemberian obat oleh dokter boros, bukan obat generik. Kebayangkan beban APBN negara bakal gede banget. Padahal kalau cukup pakai generik ya generik aja. Seperti kata iklan, kita kan bukan makan merk.
Tambahan lagi rakyat Indonesia belum jadi Smart Patient sehingga dikit-dikit ke dokter, dikit-dikit obat. Masih mikir ke dokter = dapet obat. Kalau dokternya cuma ngasih nasihat kesehatan dibilang dokternya ga pinter ngasih resep*.

Kondisi ini diperburuk dengan selingkuhnya dokter dengan perusahaan farmasi. Jadi ngasih resep sesuai dengan pesanan perusahaan, bukan karena pasien butuhnya itu*.

Ohya gak ketinggalan, dalam dunia kesehatan gratis juga muncul RS oportunis. Misal, ummi saya pernah kecelakaan dan mesti dirawat di ruang isolasi. Mestinya tiga hari aja, tapi karena kamar kelas satu penuh jadi beberapa hari berikutnya masih di ruangan tersebut. Sampai suatu hari ummi (yang kupingnya sakti) ngedenger percakapan antara kepala suster dan suster di depan pintu ruangan.

"Udah ada ruangan kelas satu yang kosong, Bu"

"Oh, biar ajalah ibu ini di sini. Dibayarin kantor ini"

Yaampun ni suster enak banget ngomong gini, padahal harga kamar isolasi per harinya lebih mahal daripada VVIP.

Ngedenger itu ummi langsung bilang mau pindah ruangan ketika susternya masuk lagi. Ummi bilang ke saya "Kurang ajar ni RS kan kasian TEL*** yang bayarnya"

Kejadian serupa menimpa bapak temen sekosan saya dulu. Kebetulan bapaknya kerja di perusahaan yang sama dengan Abah saya. Bapaknya pernah kecelakaan dan luka sedikit kakinya. Di suruh pihak RS rawat inap aja di VVIP. Setelah di kamar, sang bapak nelpon ke Yakes** mengadukan sikap RS. Ga lama kemudian ada dokter dan susternya dateng dan bilang kalau sang bapak ga perlu rawat inap. Ckck.
Nah, rumit banget kan. Saya pikir ngasih pelayanan kesehatan gratis mah ga sulit kalau ada sedikit saja kemauan. Buktinya untuk tataran perusahaan BUMN yang sumber pemasukannya ga sebanyak negara bisa ngasih jaminan kesehatan gratis untuk seluruh pegawai dan keluarganya.

Tapi banyak permasalahan lain dari benang kusut dunia kesehatan ini yang mesti kita urai. Kalau masalah yang saya ceritakan di sini ga selesai, walau kita berhasil mewujudkan kesehatan gratis maka akan banyak sekali pos-pos pengeluaran yang tidak perlu.

Keterangan:
* Saya dapet infonya dari Buku Smart Patient
** Yayasan Kesehatan

Cerita-cerita Frida Designed by Frida Nurulia