Saturday, October 19, 2013

Pernyataan di atas sering digunakan untuk justifikasi dari mitos "Gak Masalah Kalau Salah". Alasannya, kesalahan adalah bagian dari belajar sehingga, tidak mungkin untuk menghindarinya.

Faktanya:

Ketika belum bisa menghindari seluruh kesalahan, kamu bisa berbicara dan menulis dengan sangat sedikit kesalahan walaupun masih pemula.

Triknya adalah menyerap banyak input (dengan membaca dan mendengar) sebelum output (menulis dan berbicara). Jika kamu mengikuti contoh yang baik (misal, menyusun kalimat menggunakan frasa dan pola yang pernah dibaca di buku atau mendengar dari penutur asli), juga hindari frasa meragukan (memiliki kemungkinan untuk salah), secara otomatis kamu tidak akan membuat kesalahan.

Jadi…
  • Jangan membuka mulut sampai kamu melihat/ mendengar cukup banyak kalimat yang benar. Sehingga, kamu mampu untuk menyusun kalimat sendiri dengan baik. Jika belum bisa menghindari kesalahan, habiskan seluruh waktumu untuk menyerap input.
  • Cek ketepatan di web atau kamus sebelum menulis sebuah kalimat, pastikan bahwa kalimatnya benar.
  • Jika tidak yakin dan tidak bisa mengecek apakah kalimat yang ingin dikatakan (atau tulis) itu benar, jangan katakan (atau tulis). Kalau tidak, kamu mungkin akan mengajarkan diri sendiri frasa yang tidak tepat.
  • Ketika membaca atau mendengar, beri perhatian kepada hal-hal detil seperti susunan kata, artikel (jika bahasa Inggris), preposisi, dan tenses. Bandingkan kalimat dalam bahasa asing dengan kalimat serupa dalam bahasa Indonesia. Perhatikan betapa berbedanya mereka. Hal ini akan membantu untuk menyadari bagian mana dari kalimatmu yang mungkin salah.


Teknik di atas akan membantumu menghindari melakukan kebiasaan buruk yang akan sangat sulit untuk diperbaiki dikemudian hari. Jika berhati-hati dan cukup sabar, kamu akan belajar dengan sangat sedikit kesalahan dan perlahan mampu untuk menggunakan lebih banyak lagi frasa yang benar. Sampai akhirnya kamu bisa mengekspresikan apapun yang kamu inginkan dalam bahasa asing dengan baik dan lancar.

Diterjemahkan oleh: Frida Nurulia
Sumber: Antimoon.com

Baca juga:
Mitos 1: "Cara Terbaik Belajar Bahasa Asing Adalah dengan Pergi ke Luar Negeri"

Cerita-cerita Frida Designed by Frida Nurulia