Saturday, February 8, 2014


Pertama kalinya saya tahu bahwa alpukat bisa dijadiin isi roti dari Food Youtuber emmymadeinjapan. Di video blognya Emmy cerita kalau hampir setiap hari dalam seminggu dia sarapan avocado sandwich. Dia suka banget karena sehat dan enak. Dari situ jadi penasaran, saya googling 'avocado sandwich' dan ternyata roti isi alpukat ini happening banget di U.S dan U.K sejak tahun 2013. Salah satu tautan yang lumayan lengkap pilihan resepnya saya temukan di huffingtonpost.

Dari tautan yang ada di huffingtonpost itu saya jalan-jalan ke blog milik food blogger luar. Resep, foto dan ulasan mereka bikin tambah ngiler sama roti isi alpukat ini. Mupeng dan penasaran banget dengan rasanya.

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Warung buah di pasar mulai stok banyak banget alpukat, sepertinya lagi musim. Singkat cerita saya beli alpukat dan bikin roti isi alpukat versi saya sendiri.

Setelah dibuat dan dicoba ternyata rasanya enaaak. Suka. Kayaknya saya bakal sering bikin ini -selama masih musim alpukat-. :)




Bahan:

6 lembar roti tawar
mentega
mayonaise
lada hitam
3 lembar selada
1 timun
1 tomat
2 butir telur
6 nugget
1 alpukat

Cara bikin:
- Dadar telur di pan yang lebar supaya hasilnya tipis. Jangan lupa tambahkan sedikit garam pada telurnya. Setelah matang, angkat dan iris selebar roti. Sisihkan.
- Nugget saya goreng sebentar, angkat. Setiap nugget saya belah dua, jadi tipis. Goreng lagi sampai kering. Angkat dan sisihkan.
- Iris tomat, timun, alpukat tipis-tipis. Sisihkan
- Olesi roti dengan mentega di kedua sisinya. Panggang sebentar.
- Susun selada, telur, empat iris nugget, mayo, dua iris tomat, timun dan alpukat di atas selembar roti panggang. (urutan dan banyaknya terserah, tapi menurut saya mayo lebih enak ditaruh di atas nugget dan empat iris nugget cukup untuk menutupi semua permukaan rotinya)
- Taburkan lada hitam di atasnya dan tutup dengan selembar roti panggang lagi.

Untuk 3 porsi

Selamat mencoba!






13 comments

wah, enaknya, makk. :D di rumah kebetulan ada bahannya, kapan2 cobain ah

REPLY

Lagi musim alpukat ya mak? Mau ah nyobain.
Roti isi pisang yang digoreng mentega gt enak jg loh maak

REPLY
This comment has been removed by the author.

Kayaknya, soalnya di pasar banyak.

Pisangnya pisang apa mak? Bebas?

I'll try :)

REPLY

Hihihi, lumayan ribet juga ya Mak, bikinnya. Tapi tentunya sehat dan bergizi. Laen dengan saya yang masih konvensional, ngisi roti dengan keju lembaran atau selai doang, hihihi...

REPLY

Menyiapkan bahan-bahannya yang agak lama. Ngiris, manggang...
Tapi kalau udah jadi tinggal susun. enaknya bikin sekalian banyak. :)

REPLY

wow jadi laper, nanti aku coba deh di rumah, apalagi di musim hujan kayak gini, pasti orang rumah pada ngiler deh,, salam kenal yah

REPLY

Salam kenal juga. :)

REPLY

beeeuhh ! enak tuh, maaaau alpukatnya :D

REPLY

Enaknyeeee #UpinIpinModeOn
kirim-kirim dong teh ke nangor. Harga Alpukat lumayan mahal kalo mau buat resepnya. Tapi wajib dicoba nih kalo pas pulang ke rumah :)

REPLY

Pilih alpukat yang bagus dan mateng. Salah milih alpukat pait jadinya. :)
Makasi udah ninggalin jejak di sini nisya.. hoho

REPLY

Cerita-cerita Frida Designed by Frida Nurulia