Thursday, November 29, 2012

Sebagai anak yang jarang di dapur dan ngurus rumah, saya buta banget masalah peralatan rumah tangga. Mulai dari peralatan masak sampai bebersih. Sehingga saya hanya kenal sedikit sekali merek dan tipe peralatan rumah tangga. Hal ini berlanjut sampai saya menikah.

Kompor Rusak

Tidak lama setelah menikah, saya menginap di rumah orang tua bersama suami. Di rumah, seperti biasa saya disajikan makanan enak-enak buatan ummi. Ummi memang ahli banget bikin masakan enak, jam terbangnya sebagai ibu rumah tangga sudah 25 tahun. Suami saya, sebagai anggota baru keluarga pun mengakui itu. Waktu di rumah ummi, suami makannya buanyak banget. Beda ketika dia makan masakan saya hehe.

Di rumah ummi, saya melihat salah satu kenop kompor sudah copot dan di tungku yang kenopnya rusak itu, pemantik apinya juga rusak. Untuk menyalakan api di tungku yang rusak tersebut ummi harus membakar lidi pakai api dari tungku yang satunya lagi, memutar besi tanpa kenop, lalu mendekatkan api ke tungku. Bushh… setelah melakukan langkah-langkah itu api pun berkobar dari tungku. Kadang, ketika ummi mendekatkan api ke tungku rusak itu apinya tetap gak nyala, biasanya kalau udah begitu ummi meminta abah untuk membantu dia. Ribet ya? Saya yang cuma ngeliatin aja merasa ribet hehe.

Sebagai koki bagi keluarga, kerusakan itu menghambat pekerjaan ummi. Apalagi keluarga kami cukup besar (ummi, abah, empat adik saya, saya dan suami), sehingga gak bisa dong masak dengan mengandalkan satu tungku.

Saya pernah bertanya ke abah “Kenapa gak beli kompor baru aja?”
Abah jawab singkat saja “Kan banyak keperluan lain.”

Iya sih, memang tahun ini banyak banget pengeluaran keluarga saya. Mulai dari biaya pesta pernikahan saya sampai biaya adik yang baru masuk kuliah di UGM.  Jadi, peremajaan kompor di rumah pun tidak menjadi prioritas untuk sementara. Fyi, kompor itu memang sudah tua banget, udah ada sejak saya masih SD. Gara-gara kejadian itu saya dan suami pun berencana untuk membelikan kompor yang baru.

Akhirnya pada suatu hari sampailah kita di supermarket yang menjual peralatan rumah tangga. Disitulah saya baru sadar ternyata kompor itu banyak banget merek dan tipenya. Padahal tadi saya udah cerita kalau saya buta banget masalah merek peralatan rumah tangga.

Kecupuan saya perihal alat-alat rumah tangga dan masak membuat saya memlih kompor untuk ummi pakai feeling. Yah apa boleh buat, kompornya dikardusin dan disegel sementara informasi tentang spesifikasi yang tertulis di kardusnya tidak lengkap. Singkat cerita kompor baru itu saya berikan untuk ummi pada kunjungan berikutnya. Satu masalah selesai, pikir saya. Namun ternyata saya over estimate dengan kompor yang baru saya beli itu.

Beberapa bulan berikutnya ketika saya berkunjung lagi ke rumah ummi, saya bertanya tentang kompor yang saya hadiahkan itu. Ummi lalu cerita kalau kompor tersebut kurang baik kualitasnya, api kedua tungkunya kecil. Api yang kecil ini membuat waktu memasak jadi semakin lama. Selain itu knopnya berbunyi ‘klentang’ yang sangat keras ketika diputar.

Kejadian ini membuat saya belajar untuk research dulu sebelum membeli peralatan rumah tangga. Dari surfing di internet saya kenalan dengan MODENA. Oh shame on me baru tau merek keren ini sekarang. Padahal MODENA udah ada di Indonesia sejak 1981, sebelum saya lahir.

Kalau kamu, sudah kenal belum sama MODENA? J

MODENA

MODENA itu adalah salah satu perusahaan yang menyediakan peralatan rumah tangga mulai dari peralatan masak (cooking), bebersih (cleaning) dan pendingin (cooling).

Peralatan masak yang MODENA sediakan itu cukup lengkap, seperti Built-in Hob (kompor tanam), Built-in Oven (oven tanam), Microwave Oven, Freestanding Cooker, Exhaust Hood  (cerobong pembuangan asap), Kitchen Sink, Kitchen Tap .
DIVA-CX 9303 Exhaust Hood yang modern dan minimalis

Peralatan bebersihnya juga lengkap. Mulai dari Washer and Dryer, Dishwasher, Water Heater dan Vacuum Cleaner.
OZONO-WD 890 mesin cuci dan pengering dengan warna yang elegan

Nah, yang terakhir adalah berbagai jenis pendingin yang terdiri dari Water Dispenser, Refrigerator, Freezer sampai Showcase Display Cooler.
NIVEO-RF 2565 Kulkas plus Dispenser yang serbaguna

Kalau dilihat-lihat desain produk MODENA itu bagus-bagus, mengedepankan estetika dan bergaya modern. Penjelasan spesifikasi produk di websitenya yang sangat lengkap juga menunjukkan bahwa produk-produk MODENA kaya fitur serta mudah dan nyaman untuk digunakan (user friendly). Bukan hanya itu, produk mereka juga menerapkan teknologi terkini serta ramah lingkungan. Dengan semua spesifikasi tersebut sepertinya tidak berlebihan jika MODENA menyebut dirinya sebagai solusi cerdas dalam menciptakan smart living, menciptakan kualitas hidup yang lebih baik dan direkomendasikan bagi masyarakat Indonesia.

Selain keunggulan produknya ada satu hal lagi yang saya suka dari MODENA. MODENA memanjakan dan ramah banget sama (calon) konsumennya. Misalnya, MODENA memiliki dua page facebook yang dikelola dengan baik. Pertama FP MODENA Indonesia dan FP MODENA Cooking Club. Di FP Modena Indonesia kita bisa bertanya apa aja tentang produk dan event MODENA, adminnya pun selalu menjawab J. Bisa juga follow @MODENAindonesia kalau kamu lebih sering twitteran daripada fesbukan. MODENA juga sering berbagi inspirasi desain dan tips tentang peralatan rumah tangga di sosial media lain seperti pinterest dan blog. Berbagi dokumentasi event dan tips resep dari chef di youtube dan flickr.

Selain itu, ketika kita hendak membeli produk kita bisa mendapatkan keterangan yang lengkap tentang fitur produk di website resminya. Dengan informasi yang lengkap dan memadai kemungkinan salah beli produk (seperti yang saya alami sebelumnya) pada produk MODENA akan kecil sekali.

Last but not least, MODENA menyediakan penjualan online di website resminya. Toko online mereka pun dilengkapi dengan pelayanan pengiriman garansi otomatis ketika kita membeli produk. Jadi gak ada ceritanya konsumen MODENA lupa ngirimin kartu garansi, semuanya udah otomatis. Ini cocok banget buat saya yang suka lupa ngurus kartu garansi.

Ah, bener-bener memanjakan konsumen deh. Asik ya? J

MODENA Freestanding Cooker Untuk Ummi

Setelah kenalan dengan Modena saya kepikiran untuk memberikan hadiah Freestanding Cooker dari Modena untuk ummi. Tapi harganya itu loh, bikin saya bilang “Wow” hehe. Mahalnya harga-harga produk MODENA saya pikir wajar dan sebanding dengan kekayaan fitur MODENA plus desain yang oke. Apalagi katanya MODENA awet, jadi memliki produknya adalah investasi jangka panjang.

Saya yang baru berumah tangga dan masih ngontrak ini belum mampu lah beli Freestanding Cookernya MODENA. Tapi kabar baiknya adalah… MODENA ngadain Blog Competition yang hadiah utamanya adalah:

FREESTANDING COOKER PRIMA – FC 7640 seharga Rp. 7.500.000!*
FC 7640 60x60x85cm
FC-7640 ini berbahan metal dilengkapi dengan empat tungku yang terbagi menjadi dua tungku dengan api besar, satu medium dan satu kecil. Sehingga pemakainya bisa masak empat item sekaligus. Plus masakannya bisa ditempatkan di tungku yang cocok besar apinya. Pemantiknya juga otomatis dan disediakan tempat kualinya. Keempat tungku ini pun dilengkapi dengan penutup dari crystal glass yang modern. So, kalau kita gak masak dalam waktu yang lama tungkunya terlindungi dari debu.

Di bagian bawahnya ada oven berkapasitas 72 liter. Kapasitas sebesar ini memberikan banyak variasi menu yang bisa dipanggang di dalam oven. Ovennya pun dilengkapi thermostat, rak oven, penampung tetesan dan kaca pintu dua lapis.

Ini baru FC-7640 yang dibandingkan dengan Freestanding Cooker MODENA lainnya paling sederhana. Tipe lain dilengkapi dengan lebih banyak fitur dan tentunya harga yang lebih mahal.

Kebayang kan kalau seandainya ummi punya FC MODENA, pasti aktivitas memasar di rumah jadi lebih mudah. Baik itu masak banyak maupun sedikit. Sebagai ibu rumah tangga yang sudah berumur hampir lima puluh tahun penting sekali aktivitas beliau ditunjang dengan peralatan yang nyaman dan memudahkan kerja. Dan hal itu semua ada di MODENA.

I wish I would get one for her. Best product for the best person on my life.



MODENA Indonesia menunjang gaya hidup modern masyarakat Indonesia dalam 3 lini kategori, yaitu cooking, cleaning & cooling.


PS:
Ummi adalah panggilan saya ke ibu dan abah adalah panggilan saya ke ayah.
*FC7640 sekarang sedang diskon menjadi Rp 6.450.000 loh, sila cek websitenya.


Cerita-cerita Frida Designed by Frida Nurulia