Monday, February 25, 2013

Mulai bulan Februari 2013 ini saya dan suami pindah ke rumah orang tua suami di Tangerang. Setelah sebelumnya tinggal berdua saja di Jatinangor. Ada kecemasan dalam diri saya sebelum pindah. Misalnya, saya mencemaskan apakah saya bisa cocok tinggal di rumah orang tua suami, apakah akan ada konflik seperti di sinetron-sinetron picisan itu dan beberapa hal lainnya. Di sisi lain saya antusias juga karena di rumah mertua peralatan masaknya lebih lengkap, jadi saya bisa mencoba lebih banyak menu :)


Setelah seminggu pindahan saya pun browsing untuk nyari menu yang pas. Saya mesti ngulik menu di internet soalnya saya masih cupu banget soal masak memasak. Gak sengaja saya nemu resepkita.com, di sini tersedia banyak banget resep-resep yang keliatannya enak.

Setelah klik sana sini dan baca beberapa resep saya nemu resep "Ayam Panggang Lada Hitam". Wah ini cocok nih sama saya, saya suka pedes dan suka ayam yang dipanggang.

Ingridients Haul

Besok paginya (yaitu minggu lalu), saya belanja deh ke pasar tradisional dekat rumah. Berburu bahan-bahan yang diperlukan. Berhubung saya masih baru di sini, jadi saya masih celingak celinguk di pasar. Mayoritas bahan untuk Ayam Panggang Lada Hitamnya gampang di dapatkan, tapi ada satu yang susah banget dapetnya yaitu Maggie Seasoning. Selain susah saya pun gak tau ni bahan bentuknya gimana apakah botolan saschetan atau gimana. Setelah semua bahan lengkap -kecuali Maggie Seasoning–  saya pun pulang lalu gugling “Maggie Seasoning” dan Oooo ternyata bentuknya botolan. Trus saya balik lagi deh ke pasar dan nyari tu bahan. Ribet ya, mestinya saya gugling dulu dari awal baru deh dicari hehe. Di pasar, satu persatu toko yang menjual bumbu saya tanyain tentang keberadaan bahan ini. Semuanya jawab ga ada! Tidak menyerah saya pun nyari ke mini market dekat pasar dan ternyata tidak ada juga sodara-sodara! Haha. Yasudahlah gak papa juga kayaknya bahannya kurang satu, saya berinisiatif untuk menggantinya dengan memperbanyak bawang-bawangan (termasuk bawang daun).

Proses Pembuatan

Dalam situs resep kita ditulisnya perkiraan waktu pembuatan cuma 45 menit. Itu kalau buatnya fokus. Kalau saya yang ga butuh cepet santai-santai aja bikinnya. Dari belanja aja udah lama :)
Setelah bahan dilumuri bumbu dan tiba saatnya dipanggang ternyata panggangannya penuh dengan ee tikus! Whoa…
Sebenernya saya udah memperkirakan bahwa panggangannya pasti kotor karena udah bertahun-tahun ga pernah dipakai, tapi saya gak nyangka bakal penuh ee tikus. Sambil becanda bapak, yang hari itu gak kerja bilang “Gak papa, masak aja disitu kan jadi ada bumbu tambahan… ee tikus hehe”. Walaupun terlihat cuek ternyata beliau perhatian sekali, karena gak lama setelah itu beliau dan suami saya ngebantuin ngebersihin oven. Tanpa saya minta. Mulai dari 'nyapu' ee kering tikus pakai kuas, disedot pakai vacuum cleaner, sampai dibongkar dan dibersihin pakai sabun. Acara bersih-bersih ini sampe sejaman lebih. Wah terharu saya…

Bapak bersihin oven dengan kuas

berdua bekerja sama biar saya bisa manggang ayam :)

Bukan hanya bersihin ovennya, suami saya pun ikut mencuci besi tempat panggangan, alas panggangan dan peralatan lainnya. Kalau saya sih udah ngerasa mual dengan bau ee tikusnya hehe.

Sikap mereka yang begitu perhatian dan ringan tangan dalam membantu saya membuat saya sadar bahwa saya akan baik-baik saya disini. Kekhawatiran saya perlahan sirna (cieh bahasanya). Mertua saya sayang kok sama saya, ini buktinya. Pada saat itu saya berfikir, resep ini terlepas rasanya nanti enak atau tidak bagi saya udah jadi resep cinta karena dalam proses pembuatannya bukti-bukti sayang itu hadir.

Setelah oven bersih dan higienis saya mulai mengatur ayam dalam oven dan memanggangnya.
jangan lupa dibalik setelah 15 menit

Karena bukan ayam fillet, saya panggang sedikit lebih lama.

Setelah 30 menit lebih sedikit resepnya pun jadi. Ini dia Ayam Panggang Lada Hitam ala Frida:


Alhamdulillhah, semua anggota keluarga bilang enak. Bahkan ibu mendorong saya bikin usaha makanan :D


Penutup

Saya gak nyangka bahwa resep sederhana ini bakal mengubah persepsi saya dan menghilangkan kekhawatiran saya tinggal di rumah mertua. Saya memang ga menjamin kedepannya gak akan ada konflik atau perbedaan pendapat, tapi saya yakin walaupun berbeda landasannya tetep kasih sayang. Dan saya berharap apapun kondisi yang nanti terjadi kami tetep bisa menikmati bersama makanan yang Allah berikan hari itu.

PS: Saya udah nyoba resep ini dua kali. Dalam percobaan kedua saya masukin 1 ons lada hitam ke dalam tumisan bumbu gara-gara ngelamun. Bukannya dimarahin tapi diketawain sama ibu mertua. Akhirnya bumbunya dibagi dua, satu disimpen satu lagi ditambah tumisan bawang dan saus tiram. Alhamdulillah tetep enak :D

4 comments

halo halo... coba komen lagi nih:
menurut gw, seharusnya vd gak langsung panggang ayamnya di alas jerujinya tanpa wadah lagi. selama proses pemanggangan minyak dan bumbu ayam kan akan keluar; kalo gak pake alas, minyak dan bumbu tadi akan jatuh ke alas panggangan bagian bawah yg sebenernya bukan diperuntukkan sbg wadah pemanggang, tp sekadar pembatas supaya api gak langsung kena ke masakan dan kalo-kalo ada tumpahan masakan supaya gak kena ke bagian pemantik api. begitu juga dg alas jeruji atas. gw cenderung pake sbg rak aja krn sayang kalo cepet rusak karena minyak ato usaha penghilangan minyak. jd lebih memudahkan jg diangkat kalo pake wadah lain kan?

congrats! ayamnya tampak enyaaak!! hho.

kenapa pindah dari jtngr, btw?

REPLY

ayo teh, coba resep masakan lainnya, ditunggu postingannya :D
aku juga mau coba ah

REPLY

Itu ada alasnya kok Mira pas di bawah jerujinya. Warna item, mungkin ga keliatan. Tapi emang hampir aja itu gak dipake karena sebelumnya ga tau fungsinya apa.

Sekarang suami kerja di pesantren internasional Jagat Arsy di Nusa Loka BSD, lokasinya deket banget sama rumah mertua.

REPLY

Arvicesca itu Vibie ya? PPmu serem amat dek, hehe.

REPLY

Cerita-cerita Frida Designed by Frida Nurulia