Monday, February 25, 2013

Saya berencana untuk menulis beberapa artikel tentang teknis persiapan pernikahan. Mulai dari memilih tempat resepsi, baju, make up, sampai undangan. Kebetulan ada kompetisi blog tentang undangan online :D jadi sepertinya saya mulai mengulas dari undangan saja.



Sebelum menikah saya membaca tulisan Faudzil Adzhim tentang undangan pernikahan dalam bukunya "Kado Pernikahan". Di sana beliau bercerita tentang seringnya ia menerima undangan pernikahan yang mewah dan menyayangkan hal itu karena pada akhirnya sebagus apapun undangannya tetap akan dibuang ke tong sampah. Tidak hanya menyayangkan, dalam bukunya beliau pun menawarkan sebuah solusi kreatif yang hemat kertas dalam membuat undangan, yaitu dalam bentuk kartu nama. Selain hemat dari segi harga model ini juga lebih hemat kertas. Buku ini sudah cukup lama diterbitkannya, sekarang opsi untuk membuat undangan yang hemat kertas semakin banyak contohnya undangan online.

Ketika hendak menikah saya bikin undangan pernikahan online di facebook, memanfaatkan fasilitas 'event' disana. Gratis dan praktis tapi sayang kurang spesial, rasanya generik banget. Gak ada bedanya dengan mengundang untuk event-event lain misal tabligh akbar. Jadi saya pun mengundang via email teman-teman saya, tapi lagi-lagi terasa kurang spesial dan ekslusif karena saya langsung cc ke banyak orang. Pada saat itu saya gak kepikiran sama sekali kalau ada yang namanya penyedia jasa undangan pernikahan online, misalnya datangya.com.

Penyedia jasa undangan pernikahan online menyediakan banyak fasilitas yang bisa kita nikmati dengan harga yang terjangkau. Bahkan fasilitasnya melebihi undangan konvensional yang mewah dengan harganya lebih murah. Di datangnya.com sebagai contoh, harga membuat undangan dibandrol seharga 250 ribu saja. Dengan harga segitu kitu sudah dapet fasilitas banyak banget mulai dari foto calon mempelai, buku tamu, peta/denah sampai terhubung dengan facebook. Untuk tau detailnya kamu bisa jalan-jalan di website datangnya.com.

Di postingan saya kali ini saya pengen bahas fitur facebook dan email yang disediakan datangnya.com karena terkait dengan pengalaman saya dulu dan saya lihat banyak teman-teman saya yang mengundang ke pernikahan mereka via fb. Datangnya.com menyediakan fitur untuk mengundang teman-teman facebook kita dengan mengirimkan link khusus ke dinding/wall teman kita. Letak eksklusifitasnya adalah nama teman kita tertera pada undangan online tersebut. Selain dari fb undangan bisa juga disebarkan melalui email dan seperti halnya fitur fb, datangnya.com memberikan tautan unik melalui email yang jika di klik akan menghantarkan teman kita ke undangan online yang sudah tertera namanya. Ekslusif!

Dengan banyaknya fitur yang disediakan ini harusnya kita tidak ragu lagi untuk menggunakan undangan pernikahan online. Hemat duit, hemat kertas, kaya fitur dan tetep terjaga ekslusifitasnya.


Menyiasati Tamu Undangan yang Belum Melek Internet

Walaupun banyak manfaatnya namun juga undangan pernikahan online masih menyisakan satu halangan yaitu bagaimana caranya mengundang orang yang tidak memiliki email atau masih buta internet? Tidak dipungkiri bahwa dalam pernikahan kita juga mengundang eyang dan saudara-saudara yang dituakan dalam keluarga juga saudara-saudara yang tinggal di kampung halaman. Mereka biasaya belum melek internet, tapi kan tetep harus diundang. Hal ini bisa kita siasati dengan tetap mencetak undangan dalam jumlah terbatas. Untungnya sekarang zamannya digital pritnting. Jadi kalau nyetak gak perlu pakai plat sehingga kalau nyetak sedikit harganya bakal murah.

Dulu saya pun tetep harus mencetak undangan, harga cetak undangannya perlembar sama seperti ngeprint full colour bolak balik. Saya bikin undangannya sebesar A5 (A4 bagi dua), full colour bolak-balik, gak pakai amplop tapi cukup diplastikin dan ditempel stiker dengan nama orang yang diundang. Saya nyetaknya cuma sekitar 30 lembar, jadi hanya dari 15 kertas A4. Kalau gak salah pada saat itu saya menghabiskan uang 50 ribu rupiah.

Anyhoo, di kampung halaman orang tua saya tetep nyetak undangan sebanyak 400 eksemplar. Karena teman-teman orang tua di kampung banyak yang belum ngerti undangan online.

Nah, bagi kamu yang tinggal di kota dan gak punya hambatan-hambatan teknis seperti saya maka saya nyaranin banget untuk pakai fasilitas undangan pernikahan online. Karena seperti yang saya bilang tadi, hemat ongkos, hemat kertas, tetap terjaga ekslusivitasnya. Selain itu saya yakin hambatan teknis ini semakin lama akan semakin berkurang, tingkat melek internet di Indonesia selalu naik, begitu juga dengan penggunaan smartphone yang menjamur. Dengan smartphone orang dangan mudah terhubung ke internet dimana pun dia berada (selama masih ada sinyal hehe). Jadi, tak usah ragu. :D

Undangan saya dulu, disebar via online tapi juga dicetak


6 comments

Iya juga sih teh, dengan memanfaatkan teknologi yang ada sekarang, semuanya serba terbantu, lebih efektif dan yang paling penting murah! heheh

Tapi ada masalah juga kalo undangan lewat internet, kalo yang kita undang di daerah-daerah kampung, yang belum terakses internet kan susah. Coba kalo ada undangan lewat Hp ya, bakal lebih gampang lagi kayaknya tuh, kan Hp rata-rata orang udah pada punya dan pada bisa juga..

Ya tentunya udangan lewat Hp juga bukan cuma sekedar teks sms doang, yang lebih mewah juga gitu..

Tapi sejauh ini, undangan lewat internet cukup membantu, jadi yang dicetak gak harus banyak-banyak.. :)

REPLY

Yap, apalagi sekarang udah banyak pilihan smartphone. Dari yang murah buatan Cina sampe yang mahal banyak tersedia di toko.

Ohya, Adek kalo nikah jangan lupa undang teteh hehe

Jzk komennya :)

REPLY

iya, melek internet :)
dan yang terpenting lagi itu murah dan praktis

semoga sukses!
jangan lupa mampir ke blog aku ya
http://argalitha.blogspot.com/2013/02/berhemat-dengan-undangan-pernikahan.html
makasih :)

REPLY

Thanks komentarnya mba Arga. Saya juga udah ninggalin jejak di blognya. Keep writing. :)

REPLY

Baca punya saya juga, yah? ^-^

http://mrikartayusani.blogspot.com/2013/02/cara-mudah-membuat-kartu-undangan.html

REPLY

keren ya, hari gini semua bisa serba online...
goodluck..
silahkan mampir yaa http://farichatuljannah.blogspot.com/2013/02/datangyacom-ahlinya-undangan-pernikahan.html
makasih :-)

REPLY

Cerita-cerita Frida Designed by Frida Nurulia