Thursday, August 1, 2013

Ahlan!

Kali ini saya membahas dua ungkapan bahasa Arab yang bisa kita gunakan untuk menolak makan dan memberi selamat pada kerabat yang baru saja sampai dari mudik. Penasaran apa aja? Ini dia:


#6 Ungkapan untuk Menolak Tawaran Makan

Ketika seseorang menawarkan kita untuk makan besar (bukan camilan) namun kita sudak cukup kenyang atau memang lagi tidak mau makan, maka ungkapan menolak yang sopan dalam bahasa Arab Syami adalah:
عمار
‘Ammaar

‘Ammar artinya membangun (dalam bahasa Inggris: to construct). Mungkin kamu berfikir apa hubungannya “membangun” dengan “makan”, ternyata ungkapan ini ada sejarahnya.

Begini ceritanya, pada zaman dahulu orang Arab hidup dalam kabilah-kabilah atau suku-suku. Cara hidup berkelompok atau disebut juga komunal ini berpengaruh pada aktivitas mereka sehari-hari. Mereka saling membantu satu sama lain ketika ada yang membutuhkan bantuan. Misalnya ketika seseorang ingin membangun rumah, maka hampir semua anggota kabilah mereka terlibat dalam membantu pembangunan rumah itu. Mereka membangun bersama-sama.

Dalam proses membangun rumah ini, tuan rumah menyediakan makan untuk dimakan bersama setelah bekerja. Dari sini kita bisa melihat bahwa aktivitas makan bersama pada zaman itu dekat sekali dengan proses membangun rumah.

Pada zaman modern, ketika orang Arab tidak lagi hidup dalam suku atau kabilah, ungkapan ‘Ammar masih menempel dalam aktivitas makan. Maksud dari ungkapan ini dalam versi modern adalah “semoga kamu bisa membangun rumah untukmu dan untuk anak-anakmu kelak”.

Hm, untuk nolak makan saja doanya mantep banget.


#7 Ungkapan Pada Orang yang Baru Sampai dari Perjalanan Jauh

Sebentar lagi kaum muslimin bakal merayakan hari Idul Fitri, biasanya orang Indonesia pada mudik untuk merayakannya dengan keluarga besar. Ada yang mudiknya dekat, ada juga yang jauh.

Nah, jika ada saudara, kerabat atau teman yang baru saja sampai dari perjalanan jauh dengan selamat kita bisa mengungkapkan padanya ini:

الحمد لله عالسلامه
Alhamdulillah Assalamih

Dan jika seseorang mengungkapkan ungkapan tersebut pada kita, maka kita menjawabnya dengan:

الله يسلمك
Allah Yusallimuka

Alhamdulillah dalam dialek Syami lebih sering dibaca Elhimdillah. Kata Alhamdulillah berarti “segala puji bagi Allah” ungkapan ini digunakan untuk berterima kasih pada Allah, makanya pengguna bahasa Inggris biasanya menterjemahkan Alhamdulillah dengan “thanks god/ Allah”. Kalau kata ‘Assalamih, kata ini sebenarnya terdiri dari dua kata yaitu على (‘ala) yang berarti “atas” dan kata السلام yang artinya “keselamatan”, jadi kalau dibaca lengkap menjadi ‘ala assalamih. Namun, dialek Syami menggabungkan dua kata ini menjadi ‘Assalamih saja.

Secara utuh ungkapan ini dapat dipahami sebagai ungkapan terima kasih pada Allah atas keselamatan yang telah diberikan pada kerabat atau teman kita. Ohya, ungkapan ini juga bisa dipakai untuk seseorang yang baru sembuh dari sakit atau selamat dari bencana. Namun dalam percakapan sehari-hari ungkapan ini lebih sering dipakai kepada orang yang baru menempuh perjalanan.

Jawaban ungkapan di atas adalah Allah Yusallimuka, frasa ini  berarti “semoga Allah memberikanmu kesehatan”. Kata yusallimuka di sini pun berasal dari kata ‘salam’ yang bearti keselamatan atau kesehatan. Dialek Syami ungkapan ini dibaca “Allah Ysalmak”, lebih mudah diungkapkan bukan?

Jangan lupa untuk menyesuakan jawabannya pada gender lawan bicara:

 الله يسلمكَ (formal: Allah yusallimka; dialek: Allah ysalmak) digunakan jika lawan bicaranya laki-laki.

الله يسلمكِ (formal: Allah yusallimki; dialek: Allah ysalmik) digunakan jika lawan bicaranya perempuan.

الله يسلمكوا (formal: Allah yusallimkuu; dialek: Allah ysallimku) digunakan jika lawan bicaranya banyak.

Ok, I hope Elhimdillah ‘Assalamih everybody!


Ma’assalamah!

Baca juga ungkapan lainnya di sini

7 comments

Waw! Jadi belajar ungkapan logat shami disini! Allahu yarfa' darojatik!

Syukron jiddan ea.. ^_^

REPLY

Amiiin. Afwan ya :)

REPLY

Salam kenal salam blogger

REPLY

Afwan mba Tanti :)

REPLY

Mutasyaakir awii yaa ukhti 'alaa hadzad darsin naafi'

REPLY

Cerita-cerita Frida Designed by Frida Nurulia