Friday, January 10, 2014

Sejak beberapa tahun lalu saya kepengen belajar bahasa Spanyol. Waktu masih kuliah saya beberapa kali googling nyari tempat kursus bahasa Spanyol. Keberadaan tempat kursus bahasa Spanyol ternyata langka sekali dan harganya muahal.

Di Indonesia ini bahasa asing yang mudah ditemukan tempat kursusnya cuma bahasa Inggris. Kayaknya di setiap sudut kota ada.  Padahal, orang yang minat belajar bahasa asing selain Inggris juga mulai banyak. Ada orang-orang yang ingin belajar bahasa Prancis, Jerman, Italia atau Spanyol seperti saya.

Setelah beberapa tahun ngidam belajar bahasa Spanyol dan gak kesampaian akhirnya saya nemu cara belajar yang asik banget! Gak pakai kursus, gak pakai buku tapi pakai aplikasi keren namanya: Duolingo!




Apa itu Duolingo?

Duolingo adalah aplikasi untuk belajar bahasa Spanyol, Prancis, Jerman, Italia, Portugis dari bahasa Inggris. Jadi, minimal harus udah bisa bahasa Inggris karena bahasa pengantar yang dipakai itu.

Nah, gimana kalau mau belajar bahasa Inggris? Bisa juga, tapi bahasa pengantarnya Spanyol, Prancis, Jerman, Italia, Portugis, Belanda, Rusia atau Turki (silahkan dipilih hehe).

Tapi tenang, Duolingo juga sedang mempersiapkan aplikasi pembelajaran bahasa Inggris dari bahasa Indonesia! Bahkan mereka juga sedang menyiapkan pembelajaran bahasa yang tidak begitu populer seperti bahasa suku Maya dan Latin.

Bagaimana Belajarnya?

Duolingo adalah ‘gamefied app’ yaitu aplikasi yang menggunakan bentuk permainan/game. Setelah mendaftar (sign up), dan memilih bahasa yang mau kita pelajari kita akan terlihat  ‘Skill Tree’ seperti ini di home:



Sepotong dari 'Skill Tree' punya saya


skill tree yang lebih lengkap. Sumber: google

Kita bisa memilih mulai dari Basic atau pakai Placement Test untuk mendapatkan short cut ke level yang lebih tinggi.

Setiap ikon dalam ‘Skill Tree’ melambangkan satu skills dan di dalamnya bisa ada 1 sampai 10 permainan bahasa.

Kita dikasih 3 hati[1] dan setiap kita salah mengerjakan soal satu hati akan hilang. Semacam nyawa gitu deh kalau kita main di game adventure. Kalau udah habis hatinya dan kita salah lagi maka Game Over. :D
Kalau kita berhasil menyelesaikan satu pelajaran/permainan kita akan dapet 10 poin + sisa hati kita. Jadi kalau kita selesai dengan sisa satu hati akan dapet 11 poin.

Poin ini fungsinya untuk naikin level. Untuk mencapai level 2 kita butuh 60 poin. Semakin tinggi levelnya semakin besar poin yang dibutuhkan. Untuk mencapai level 7, misalnya, saya butuh 300 poin.

Ohya, kalau kita bisa menyelesaikan pelajaran tanpa melakukan kesalahan sama sekali maka kita akan dapet 1 Lingot. Apa itu Lingot? Lingot adalah mata uang di Duolingo yang bisa ditukar dengan berbagai aplikasi Duolingo lainnya di ‘Store’ (hanya bisa dilihat kalau mainnya di dekstop atau laptop).

Selain ‘full hearts’ Lingot juga bisa didapatkan dengan banyak cara lain misal:

  •  Naik level. Setiap naik level dapet Lingot sesuai levelnya. Naik ke level 6 dapet 6 Lingot dst.
  •  Menyelesaikan satu skill. Kita dapet 2 lingot  setiap satu skill baru yang kita selesaikan
  •  Main 10 hari berturut-turut akan mendapatkan 1 lingot, berlaku kelipatannya (20 hari dapet 2 dst).
  •  Invite temen kita. Setiap satu temen yang ikutan karena undangan dari kita dapet 1 lingot.
  •  Terakhir, kita juga bisa beli ‘Wager’ seharga 5 Lingot di store. Wager ini akan melipatgandakan Lingot kita (yang dipakai untuk beli Wager tsb.) kalau kita berhasil menyelesaikan 7 days streak alias main 7 hari berturut-turut. Jadi setelah 7 hari kita dapet 10 Lingot.


Gimana, mirip game banget kan aplikasinya? :D

Selain itu, setiap kita menyelesaikan satu soal kita bisa lihat diskusi tentang soal tersebut bareng murid-murid lain dari seluruh dunia. Kadang diskusinya bukan sesuatu yang serius misalnya aja ini:

Diskusi yang muncul dari soal "Los hombres comen una fresa" atau "The men eat a strawberry":


Kalau yang ini muncul gara-gara kalimat "La araƱa come pan" alias "The spider eats bread"



Kemampuan bahasa yang dipelajari di Duolingo cukup lengkap, mulai dari mendengar, menulis, bicara, tata bahasa dan kosa kata.

Selain bermain dari desktop/laptop Duolingo udah bisa didownload di gadget yang pakai android atau apple. Bagi yang pakai smartphone kudu download aplikasi yang bikin tambah smart dong. Hehe

Cuma tampilan di android memang agak berbeda dengan di komputer. Kalau dari android kita gak bisa lihat jumlah Lingot dan diskusi bahasanya. Jadi sekali-kali kita mesti cek akun Duolingo kita di web via laptop.

Last but not least, kalau mau lihat profil saya di Duolingo bisa di sini: frida_nurulia , bebas juga kalau mau follow. :)







[1] Jumlah hati yang diberikan tergantung bahasa apa yang kita pelajari. Kalau bahasa Prancis dikasih 4 hati. Mungkin dianggepnya Prancis lebih susah daripada Spanyol.

13 comments

wah jadi ada aplikasinya juga toh :D
nice post kak...

mohon dukungannya ya :D http://fandhyachmadromadhon.blogspot.com/2014/01/we-love-you-nyunyucom.html

REPLY

yang belajar Bahasa Jawa ga ada ya? :))))

REPLY

Belum ada, tapi kita bisa loh jadi volunteer di Duolingo untuk bikin pembelajaran bahasa Jawa. Nanti deh saya buat postingan tentang itu. :)

REPLY

nice info , makasih mbak :D
yeaay jadi bisa belajar bahasa jerman :D

kunjungan perdana

REPLY

Makasih sharingnya, moga bisa :)

REPLY

klo bahasa arab ada gak mak...pingin banget nih,dah bljr dkit2 tp msh susah mudengnya... selain mempelajarinya berpahala, bhs arab kan bhs di surga kelak mak...

REPLY

Wah, terima kasih infonya. Mau daftar ah..

Lagi jalan-jalan di blognya Mak Frida for Srikandi Blogger 2014. Good luck ya! :)

REPLY

Kalau di duolingo sih belum ada, Mak.

REPLY

Menurut saya bahasa Prancis lebih susah daripada Spanyol, kak :)) saya belajar dua-duanya kok hehe. Di bahasa Prancis tulisannya "ini" bacanya "itu" :))

REPLY

Indeed, I learn both on duolingo too.

REPLY

benar-benar gratis ya? Atau level tertentu harus bayar?

REPLY

Gratis sampai tamat dan gak ada iklan.

REPLY

Cerita-cerita Frida Designed by Frida Nurulia