Monday, June 16, 2014

Tiba-tiba pada suatu hari saya dapet The Liebster Award. Awalnya saya pikir ini penghargaan semacam Srikandi Blogger atau yang semisalnya, hehe. Ternyata The Liebster Award adalah penghargaan maya – gak ada acara kopdarnya – untuk para blogger.

Penghargaan ini diberikan oleh seorang blogger ke blogger lain secara berantai, dari satu blog ke blog lainnya.

Awal mula penghargaan ini dari Jerman, kelihatanlah dari namanya “Liebster”, kalau kata google translate sih ‘liebster’ itu artinya ‘dearest’ atau dalam bahasa Indonesia dipadankan dengan kata ‘tersayang, terkasih dan tercinta’. Jadi, The Liebster Award terjemahan bebasnya “Penghargaan Tersayang” atau “Pemberian Tersayang”. Asek.


Gimana Sih Cara Kerja Award Ini?
Cara kerjanya mirip surat berantai, setiap blogger yang dapet Award ini mesti ‘nyolek’ beberapa blogger lain untuk melakukan hal yang sama. Tapi lebih classy soalnya setiap orang yang dapet award ini mesti mikir untuk meneruskannya. Kalau surat berantai pada umumnya kan tinggal forward aja, tanpa mikir. Dan biasanya surat berantai itu annoying, kalau award kan bikin senyum.

Setiap blogger punya kebebasan penuh untuk menerima award ini atau mengabaikannya. Tapi kalau diabaikan saya pikir akan menyinggung yang memberi. Konon katanya, kalau di luar negri sana orang yang menolak award ini akan dikucilkan dari dunia per-blog-an. Hm… benarkah?

Namun, satu hal yang pasti The Liebster Award (TLA) dibuat untuk saling mengenal dengan blogger baru dan menyambut mereka di blogosphere.

Oke, terus peraturannya gimana?
Karena The Liebster Award ini telah menyebar ke berbagai negara, peraturannya pun berubah adan ada modifikasi di sana sini. Nah, yang saya pakai adalah peraturan yang dipercaya sebagai ‘official rules of The Liebster Award”. Ini dia aturan mainnya:

  1. Berterimakasih sama orang yang menominasikan kamu, dan cantumkan alamat blog dia di blog kita.
  2. Tampilkan gambar The Liebster Award di blogmu, boleh di post atau di widget. Terserah.
  3. Jawab 11 pertanyaan dari orang yang menominasikanmu untuk TLA.
  4. Tulis 11 fakta random tentang dirimu.
  5. Nominasikan 5-11 bolger yang menurutmu pantas untuk mendapatkan award ini, yaitu blog yang memiliki follower kurang dari 1000.
  6. Bikin 11 pertanyaan baru untuk blogger yang kamu nominasikan di TLA
  7. Masukkan peraturan dari The Liebster Award di postinganmu.
  8. Setelah postinganmu di publish, kamu mesti ngasih tau orang-orang yang kamu nominasikan dalam TLA, kasih mereka tautan postinganmu.

Dan Ucapan Terimakasih itu Saya Berikan Pada…

Clara Ayu Destira Heplin, seorang teman baru dari KEB ini tetiba menominasikan saya untuk TLA. Thankyou dan salam kenal! Bagi yang belum tau, dia ini food blogger yang hobinya masak (yaiyalah).

Pertanyaan dan Pertanyaan dari Mbak Clara

Ini dia kekepoan mbak Clara:

1. Apa makanan yang lagi nge-trend di daerah anda tinggal?
Hm… apa ya. Kayaknya gak ada sesuatu yang lagi ngetrend. Seriusan. Tempat tinggal saya bukanlah tempat yang asik untuk wisata kuliner dan gak ada trend makanan. Kalau tahun lalu sih Cappucino Cingcau cukup happening di sini.

2. Apa masakan yang paling mudah menurut anda?
Lodeh, bumbunya dikit soalnya.

3. Apa alasan anda nge-blog?
Untuk terapi kegilaan mungkin. Haha, becanda. Pada dasarnya saya seneng nulis. Dengan menulis saya bisa menyalurkan pemikiran saya, kecemasan atau keresahan saya terhadap sesuatu. Blog adalah wadah untuk menyalurkan tulisan saya sesuai dengan gaya menulis saya.

Selain itu blog juga jadi tempat berbagi informasi yang kira-kira dibutuhkan orang. Beberapa postingan saya murni informasi, karena saya pikir mungkin postingan tersebut bisa membantu orang lain.

Kedepannya saya ingin blog jadi tempat dokumentasi pemikiran saya, biar suatu hari nanti saya bisa mengecek perkembangan pemikiran saya sendiri. Gaya banget ya, hehe…

4. Jenis buku apa yang anda suka baca?
Saya suka fiksi yang bagus, yang ceritanya gak klise dan bisa memainkan perasaan juga pemikiran. Selain itu saya juga suka baca buku biografi, sekarang lagi baca buku Biografi yang cukup tebal, ditargetkan bulan Ramadan bisa selesai.

5. Suka blogwalking nggak? Sukanya baca tulisan tentang apa?
Suka dong, saya paling suka baca tulisan tentang isu kekinian yang ditulis dengan ringan. Saya gak suka baca blog yang berat-berat. Kalau mau baca sesuatu yang berat saya mending membacanya di buku, bukan di layar komputer.

Kadang-kadang saya blogwalking ke food blog atau fashion blog, tergantung kebutuhan. Kalau lagi nyari ide untuk masak pasti ngulik-ngulik food blog.

6. Menurut anda, apa yang harus di lakukan oleh seseorang sebelum usianya menginjak 25 tahun?
Banyak-banyak menuntut ilmu untuk bekal hidup. Ilmu apa aja. Coba mulai baca buku parenting, pernikahan walau belum menikah dan punya anak. Ini ilmu yang berguna banget loh, mengingat rata-rata manusia menghabiskan hidupnya dalam pernikahan lebih lama daripada hidupnya dengan orang tuanya. Jadi ilmu tentang ini gak boleh disepelekan. *note to myself*

7. Menurut anda, usia berapakah sebaiknya perempuan menikah?
Menurut saya waktu terbaik untuk menikah adalah ketika menemukan seseorang yang kamu percaya bisa jadi partner hidupmu. Ini bisa terjadi pada umur 25, 35 atau bahkan 45. Gak begitu masalah umurnya, yang penting banget tuh dengan siapanya. Kalau udah nemu orang yang tepat di umur 20 kenapa harus ditunda? Atau, kalau belum nemu yang ideal pada umur 25 kenapa mesti dipaksakan?

8. Tipe laki-laki seperti apakah yang baik sebagai kepala rumah tangga?
Kalau dalam Islam yang terbaik itu yang saleh (taat), kalau saleh dia pasti bertanggung jawab, dan memperlakukan kita dengan baik. Hal-hal lainnya tergantung selera kita, sangat subjektif.

9. Mengenai pemimpin, pemimpin seperti apakah yang anda harapkan untuk memimpin NKRI?
Pemimpin yang hatinya lembut, yang ketika dia dinasehati oleh rakyatnya karena salah atau berbuat tidak adil dia mau mengakui dan mengambil jalan yang benar.

10. Bagaimana cara anda menghabiskan weekend?
Spending quality time with my beloved husband ;)

11. Pertanyaan terakhir nih, menurut anda, lebih nyaman jadi IRT atau ibu bekerja? Kenapa?
Ini pertanyaan yang paling bikin saya bingung. Saya adalah istri yang belum menjadi ibu. Susah bagi saya menilai mana yang lebih nyaman, menilai nyaman atau tidak itu kan pakai perasaan, jadi harus dirasai dulu keduanya. Hehe.

Selain itu, jawaban pertanyaan ini akan sangat bergantung pada nilai-nilai yang seseorang anut. Sebagai muslimah, saya percaya bahwa Allah memberikan banyak kesempatan pada perempuan untuk melakukan banyak amal saleh dalam kapasitasnya sebagai ibu dan pengatur rumah tangga. Contoh, masak dapet pahala, nyuci dapet ampunan. Seseorang yang orientasinya mengejar ridha Allah akan nyaman melakukan pekerjaan ini walaupun melelahkan.

11 Fakta Random Tentang Saya

Rasanya 11 kebanyakan deh, hehe...

1.       Saya itu aslinya orang… Indonesia. Bapak saya orang Palembang, Ibu Sunda dan saya tumbuh besar di berbagai kota di antaranya Bandung, Medan, Tanjung Balai, Bekasi dan masih beberapa lagi. Jadi gampangnya bilang saya orang Indonesia asli, kalau masalah suku bangsa saya bingung. Melayu kali ya (edisi ngaku-ngaku).

2.       Sudah menikah sejak 2012 lalu.

3.       Suami saya itu dari keluarga Jawa, ibu dan bapak mertua Jawa. Jawanya di Yogyakarata. Nama leluhurnya Pusposupanan.

4.       Ketemu suami tanggal 22 Desember 2010 di jalan Gelap Nyawang, belakang Mesjid Salman ITB. Pada saat itu gak kepikiran bahwa orang inilah yang akan jadi suami saya.

5.       Lulusan sastra Inggris Unpad, angkatan 2006

6.       Penyandang skoliosis, sejenis kelainan tulang belakang.

7.       Tertarik banget belajar bahasa asing, sekarang lagi belajar bahasa Arab. Saya punya impian bisa beberapa bahasa Asing dan daerah. Semoga tercapai suatu saat, amiin!

8.       Pas masih remaja saya suka banget sama Harry Potter. Sejauh ini Harry Potter novel paling tebal yang pernah saya baca dan tamat hanya dalam waktu beberapa hari saja. Bahkan karena gak sabar nunggu terjemahannya HP no 6 dan 7 milik saya berbahasa Inggris, padahal pas no. 6 terbit saya belum bisa bahasa Inggris. Maksain baca pakai kamus. Sampai sekarang belum kesampaian baca versi Indonesianya The Deadly Hollows. Dulu saya juga koleksi pernak-perniknya. Tapi, karena pindahan, banyak yang hilang.

9.       Saya berjilbab sejak November 2003, ceritanya tercerahkan gara-gara ikut rohis di SMA.

10.   Sejak saat itu saya aktif dikegiatan keislaman, mulai dari kajian-kajian Islam sampai agenda-agenda dakwah.

11.   Saya sudah nulis buku antologi bareng teman-teman muslimah, judulnya “The True Hijab” dan pengen nulis buku lagi yang bukan antologi.

11 Blogger Nominator The Liebster Award dari Saya

1.       Nurul Apriliani http://bibliofilland.wordpress.com/
2.       Fida Hafiyyan http://pelukisperadaban.wordpress.com/
3.       Kamila Aziza http://rabiula.wordpress.com/
4.       Anisya Retno http://fenorevanisya.blogspot.com/
5.       Tresna Mustika http://tresnamustikasari09.blogspot.com/
6.       Ligar Widya Lestari http://ligarwidyalestari.blogspot.com/
7.       Ariefdhianty Vibie http://heartgates.blogspot.com/
8.       Arifah Abdul Majid http://rumahjurnalku.blogspot.com/
9.       Euis Sri Nurhasanah http://twinkle-euisry.blogspot.com/
11.   Arya Baskara, http://absurdsandwich.blogspot.com/

11 Pertanyaan Untuk Nominee

1.       Sebagai seorang blogger, apa sih hambatan paling besar yang kamu rasakan untuk menulis?
2.       Kamu punya target khusus untuk blogmu?
3.       Menurutmu yang paling enggak banget dari seorang blogger itu apa?
4.       Siapa penulis favoritmu dan kenapa?
5.       Apa genre Fiksi yang paling kamu sukai dan kenapa?
6.       Tentang Indonesia nih, menurutmu apa sih masalah yang paling krusial di negara Ini?
7.       Apa yang akan kamu lakukan untuk memperbaikinya?
8.       Apa Harapan kamu untuk pendidikan di Indonesia?
8.       Makanan favoritmu apa aja?
10.   Keterampilan apa yang ingin kamu kuasai?
11.   Bahasa asing apa yang ingin kamu kuasai?

Oke sip, saya tunggu dengan sangat partisipasinya ;)

8 comments

Lagi baca buku biografi siapa mak? Saya suka baca biografi tapi harus tokoh yang bener-bener saya suka, kalau gak bener-bener suka jadi setengah-setengah bacanya :p

REPLY

halo mak Frida, terimakasih ya sudah di bales dan di jawab pertanyaannya. memuaskan sekali hihihi :))

REPLY

Lagi baca Biografi Empat Imam Mahzab terbitan Beirut Publishing. Kemarin beli ini cuman 90rb di Islamic Book Fair, padahal hard cover dan tebel.

REPLY

Halo Clara :)
Sama-sama, saya juga makasih banget loh udah dicolek. ^^

REPLY

lagi baca buku biografi apa, mba? penasaran, hehe. fiksi yang bagus memang agak susah ya di zaman sekarang

REPLY

Biografi Empat Imam Mahzab, terbitan Beirut Publishing :)

REPLY

Wah, ternyata alumni Unpad, Mak... Selamat belajar bahasa Arab... Aku juga ingin banget belajar lagi...
Terima kasih ya awardnya... Award ke-3, belum posting.... Jadi kebanyakan pertanyaan.... Hadeuh... :D

REPLY

Ditunggu jawabannya, rekap aja dalam satu postingan 33 pertanyaan itu :D

REPLY

Cerita-cerita Frida Designed by Frida Nurulia