Friday, March 29, 2013

Saya beli lemon dua butir (0,5 kg) di Giant beberapa waktu yang lalu. Niatnya untuk bikin holandaise sauce yang di siram di atas egg bennedict, tapi ternyata gagal dengan Epic! Kapan-kapan saya ceritain deh tentang kegagalan yang epic itu.




Nah, sisa lemonnya masih sebotol UC 1000, jadi saya nyari-nyari di resepkita.com makanan yang pakai lemon. Setelah hasil pencarian keluar, salah satunya adalah lemon mousse dan saya langsung penasaran untuk nyoba bikin. Padahal, untuk bikin mousse itu sebagian besar bahannya malah gak tersedia di rumah, jadi mesti hunting dulu ke Toko Bahan Kue. Kebetulan banget hari Sabtu minggu lalu ada acara tentang Riset Karya di kafe TRYST'S Kemang sampai sore jadi saya mesti nginep di rumah bude di Cipete. Numpung lagi di Cipete besoknya saya dan bude mampir di TBK Titan di Fatmawati. Lumayan deket sama rumah bude, naik angkot sekali. Di sini lengkap banget, semua bahan-bahan pun berhasil didapatkan. Bahkan saya nemu sendok takar yang lucu seharga 32k. Lebih maknyus lagi belanjaan saya (kecuali sendok) ditraktir bude. :D

Senin 25 Maret adalah hari anniversary pernikahan saya yang pertama. Karena jatuh hari Senin, saya dan suami puasa. Siangnya saya mulai deh nyoba bikin mousse untuk yang pertama kalinya.

Pertama, siapin semua bahannya:
- 150 gr gula pasir
- 3 sdm air perasan lemon (di situsnya tertulis perasan 6 butir jeruk lemon, sepertinya yang dimaksud jeruk lemon yang kecil-kecil itu, saya sih pakai lemon kuning yang besar)
- 40 gr gelatine
- 60 cc air panas
- 250 cc susu cair
- 200 cc whipping cream
- 3 butir telur (pisah kuning dan putihnya)

bahan-bahan dijejerin biar gampang dipake

Lalu mulai deh buat Mousse dengan langkah-langkah berikut:

- Larutkan gelatine rasa dengan 60 cc air panas
- Pisahkan kuning dan putih telur (tips: telur dengan suhu ruang lebih mudah dipisah kuning dan putihnya dibandingkan telur dari kulkas, jadi kalau telur kamu disimpan di kulkas dibiarkan dulu di luar kulkas beberapa saat sampai dinginnya hilang)
- kocok kuning telur dan gula hingga lembut, tambahkan susu cair.
- Pindahkan ke panci kecil, panaskan dengan api sedang hingga mendidih (tips: sambil diaduk-aduk terus)
- Matikan api, diamkan hingga uap panasnya hilang
- Masukkan air perasan lemon, gelatin yang telah dilarutkan, whipping cream, aduk hingga tercampur rata.
 (tips: Whipping creamnya dikocok dengan mixer kecepatan tinggi sampai volumenya 3 atau 4 kali dari semula)
- Kacok putih telur hingga jadi buih busa agak padat (tips: pakai mixer kecepatan tinggi juga, dan putih telurnya jangan tercampur apapun biar bisa ngembang. Lihat foto). Masukkan ke dalam adonan, aduk hingga rata.
- Tuang dalam gelas saji, dinginkan di kulkas hingga kaku.
- Sajikan dengan hiasan kulit lemon

putih telur yang udah jadi busa, dimiringin 90 derajat ga tumpah.
Berbaris di kulkas :)

Saya ubah sedikit petunjuknya dari yang ada di situs resep kita untuk memberikan penjelasan yang lebih detail.

Setelah dimasukin ke gelas, ternyata jadinya 8 porsi padahal di situs 5 porsi. Mungkin beda ukuran gelas ya.

Pas buka puasa kita batalin pakai cendol bukan pake mousse ini soalnya ini dessert. #halah

Lalu gimana hasilnya? Ini dia fotonya:


3 dari 8

"Enak..." kata suami :)

Testimoni:
"Enak..." kata suami. Lalu dia nambahin "Ini sempurna untuk percobaan pertama" #gombalpisan
"Enak..." Ucap ibu setelah makan suapan pertama, trus ibu nambahin "Jangan sering-sering bikin begini ya, nanti ibu kolesterol" (ibu ga boleh banyak makan makanan dari telur)

Saya sendiri ternyata gak begitu suka tekstur mousse yang terlalu lembut... saya lebih suka puding karena masih bisa digigit.

Harga:
Walaupun saya bahan-bahannya dapet gratis, ini gambaran harga yang dibutuhkan untuk bikin mousse 8 porsi:

Gelatin 200gr 25k.                                   Dipake 40gr berarti 5k
Whipp Cream 1ltr 35k.                            Dipake 200ml bearti 7k
Lemon sebutir 4k                                     Dipake semua, 4k
Susu cair 10k.                                          Dipake 250ml bearti 2,5k
Gula pasir 2k                                        

Total: 20,5k. Kalau dibagi 8 bearti 2,56k per gelasnya.

Memang pas belanja diawal bakal kerasa mahal, tapi bahannya banyak sisa dan bisa untuk nyoba bikin makanan lain. :)

Fyi, harga mousse di kafe itu kisaran 10-25k. Jadi kalo kamu suka makanan penutup yang ringan worth it banget nyoba ini di rumah. :D

Epilog:
Pada tanggal 25 itu yang paling berkesan bukan moussenya sih, haha. Tapi, doa bapak dan ibu untuk pernikahan kami. Bapak bilang bahwa dia dan ibu gak cuma doain kita pada hari itu, tapi setiap hari. Alhamdulillah...







Cerita-cerita Frida Designed by Frida Nurulia